Pages

Sabtu, 27 April 2013

Macam macam jenis mie jepang

Mie salah satu makanan favorit banyak orang, karena selain rasanya yang nikmat juga mudah mengolahnya, ada goreng maupun rebus. Di Indonesia berbagai macam olahan mie dapat Anda temukan dengan mudah.

Di Jepang juga ada bermacam jenis mie baik instan maupun tidak. Mungkin bagi pencinta mie sudah tahu udon dan ramen, mie khas Jepang. Tapi selain itu masih ada lho yang lain. Yuk, lihat bersama-sama seperti apa saja mie di Jepang:
Spoilerfor UDON:

udon sudah cukup lumayan populer di Indonesia. Ukuran mie udon paling besar sehingga makan seporsi mie ini dijamin langsung kenyang. Udon ada berbagai jenis dan yang terkenal adalah Kitsune Udon. Dinamai kitsune (rubah), karena konon katanya, di Jepang, dewa rubah paling suka makan tahu goreng yang disebut o-inari. Kitsune udon menggunakan topping tahu goreng di atasnya, sehingga umum dikenal dengan nama ini. Katanya lagi sih, warna keemasan tahu goreng membuat orang ingat akan bulu sang rubah. Kitsune udon populer di daerah Kansai, Osaka.

Spoilerfor SOBA:

Soba adalah mie sehat langsing yang dibuat dari tepung gandum pilihan. Soba sudah lama dikenal baik untuk kesehatan. Soba bisa dihidangkan dengan kuah panas maupun dingin, sama seperti udon.

Spoilerfor ramen:

Di Indonesia, ramen inilah yang paling mirip dengan mie instan kita. Tradisi mie instan semacam indomie, berawal dari ramen instan buatan Jepang. Ramen berbentuk tipis dan disajikan dengan kuah panas maupun dingin, ataupun digoreng.

Spoilerfor SHIRATAKI NOODLES:

Mie shirataki ini adalah impian setiap wanita yang sedang diet, karena mie ini lezat dan terbuat dari konnyaku (agar-agar) yang berkalori sangat rendah! Bagus untuk diet dan kesehatan. Mie shirataki tidak punya rasa tertentu, sehingga bisa dipadukan dengan saus apa saja, dingin maupun panas. Kabarnya, mie ini sangat popular di Amerika Serikat sebagai makanan diet.

Spoilerfor somen:

Kalau udon adalah mie paling gendut, maka somen adalah mie yang paling langsing, setara dengan so'un kalau di Indonesia. Di Jepang ada tradisi memakan somen yang dinamai Nagashi Somen, di mana somen dengan kuah dingin dibiarkan mengalir di pipa panjang, dan orang-orang berdiri di pinggiran pipa, berusaha mengambil dan langsung memakan somen dengan sumpit.


Oke...TS kali ini mau mengkrucut membahas RAMEN
soalnya ramen lah yang paling populer di indonesia, banyak warung ramen di sekitaran jakarta, tentu dengan citra rasa yang telah diracik sesuai selera orang indonesia

Spoilerfor ramen dan variasi penyajian:

Salah satu jenis Ramen kemasan yang terkenal di negeri asalnya tuh Myojo. Myojo ini kalo dari luar keliatan sama aja kayak mie rebus buatan lokal. isinya meliputi noodle Shio Ramen, bumbu penyedap, dan minyak yang dikemas dalam kantong plastik mirip sama merk mie siap saji buatan lokal indonesia. Tapi yang bikin beda, dia ada kaldu & sayuran kering.

Selain Myojo, ada lagi jenis Ramen yang katanya Asik punya, namanya Tonkotsu & Shoyu. Tonkotshu & Shoyu ini sedikit istimewa, Cz disertai dengan bumbu tulang daging. So, buat yang lagi main ke Jepang kalo gak mau cepet gemuk ati" deh milih-milih ramen.

Yang diatas tadi namanya Sun Noodle Shio Ramen, 2. Dijual bebas ditoko kelontong

nah ini kuah kaldu Noodle Shio Ramen sebelum kena & sesudah seduhan air panas

Komposisinya terdiri dari :
Air, semacam kalsu kecap asin, garam, minyak, penyedap rasa, Minyak wijen, Cuka, ikan bonito kering, bawang, kol Cina, wortel, bawang putih, sedikit alkohol, jahe dan bumbu ekstra.

Nah, kalo gambar yang aku kasih ini kira-kira bahan tambahannya paling-paling Chashu (semacam sayuran) telur rebus, buah persik yang diiris (yg masih segar), Daikon dan Menma (nah daikon dan Menma ini kalo di indonesia namanya apa ya?)
menma ini katanya enak banget, terbuat dari enteng pedas cabe rawit dan minyak wijen.


Nah yang satu ini namanya Chashu. Chashu yang ini terdiri dari Dashinomoto, shoyu, mirin dan sake; katanya bagus banget kalo dimakan pas musim dingin. Tambahan lain, disini ada irisan buah persik yang dibungkus dengan kemasan sacet (kayaknya sih buah kering) dan irisan daging


biasanya komposisi ramen ada irisan daging dan telur



Chicken Ramen Shinagawa


Ramen Seafood "Kaijin" dan Onigiri Bakar oles Sambel


Ramen Sayuran "Veggie Ramen Nana"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar