Pages

Sabtu, 15 Juni 2013

Cara Membuat Charger USB Portable Menggunakan Battery 9V

Tak terelakkan lagi kebutuhan hampir semua orang akan butuhnya charger portable untuk menyertai kegiatan di luar rumah mereka. Gadget seolah kebutuhan pokok yang tidak akan ada habisnya untuk dikonsumsi, atas dasar inilah saya mencari ide untuk mencoba ide sederhana yang bisa bermanfaat untuk agan gadget lover.



Harga sebuah charger portable atau umum disebut dengan power bank sangatlah mahal untuk sebagian orang, tidak semua bisa merogoh koceknya, dengan artikel ini saya harap agan tidak perlu khawatir lagi ya bepergian jauh keluar rumah. agan bisa setiap saat charger iphone, android, atau smartphone agan... sampai puas.


OK, lanjut saja ya. tanpa panjang lebar berikut komponenya yang perlu agan siapkan


  • Type A Female USB port (itu lho gan colokan USB, yang ceweknya )
  • Lembaran papan PCB secukupnya (ditoko elektronik beli saja yang PCB Matrix) (harganya Rp3000-Rp5000 perlembar ukuran 20cmx10cm, agan tinggal masukin aja komponennya)
  • IC LM7805 (harganya paling Rp2500)
  • Resistor 160 ohm (optional) (Rp gope'an)
  • C1 100uF/ 50v (Rp 1000)
  • C2 0.1 (Rp 500)
  • LED 2,2v 240mA Hijau (optional) (Rp 250)
  • 9v battery clip (Rp 5000-Rp10.000)
  • Switch ON/OFF (Rp 1000)


Perhatikan gambar rangkaian dibawah ini, gambar rangkaian menggunakan saklar (sw) dan menggunakan led indikator berwarna hijau.

Spoilerfor rangkaian dengan LED indikator:


Atau agan bisa tentukan pilihan tanpa menggunakan keduannya, sehingga gambar rangkaian tampak terlihat simple sekali

Spoilerfor rangkaian tanpa LED indikator:


Tempatkan komponen seperti terlihat pada rangkaian di atas ya...

Spoilerfor gambar yang telah jadi:


Setelah pemasangan komplit hasil bentuknya terlihat kecil dan bisa dicangking kemana saja tanpa banyak makan tempat bukan. Bila agan masih bingung jangan sungkan konsultasikan dengan saya ya...

Update: 15 juni 2013

Battery 9Volt yang amperenya kecil agan bsa ganti dengan battery senter police yang amperenya lebih gede yakni battery UltraFire 3,7V 4000mAh beli 2 pcs gandeng seri ya... sperti ini gambarnya


Quote:Karena banyaknya vote minta video nih ane share Videonya sebagai ilustrator.. SORRY banget gan ane g sempat bikin video sendiri... coz ini melepas kerinduan videonya

Tengok niiii..h monggo dibuffer




Spoilerfor Pesan seputar pertanyaan dan usulan agan2 ID ane samarin:

Quote:Original Posted By lexxxvo
kang itu PowerBanknya bisa di chas alias charger gak? kalo gak bisa butuh komponen apa yah biar bisa? ane liat vidio di trit agan semuanya gak ada yang jelasin cara ngechargernya

oo emang itu ane buatnya yang no charger gan.. biar gampang.. kl mau bs charge itu lebh expert lagi... ane ntar update kl sempat

Quote:Original Posted By ridwxxxidu
Gan ane mau nanya nih, Itu Rangkaian nya di Solder ato Ngga gan? ane bingung. Mohon Pencerahan nya. Thank's!

terserah gan boleh disolder boleh di lem.... (just kidding) jelas di solder gan..

Quote:Original Posted By bexxxd
gan power bank nya produksi aja, di Bandung ane siap masarin

terima kasih gan atas dukungannya coba ane rancang dulu yang siip

Quote:Original Posted By cikxxxty
ada FB mas?
saya mau nanya berarti intinya kalo mau ng cash hape kita (hape saya android) itu dengan cara memasukan tegangan 5volt ke HP kita ya ? masnya kan pake batrei kotak 9V kan ? misal saya pake LIPO 12v 2200Mah nggak papa kan ?

siip boleh juga masbro kan ada ic 7805 penyetabil out jadi 5v... siip itu bisa pake lippo 12v 2200mAH, lbh bagus lagi pake battery senter police 18650 4000mAH tp cuman 3,7V x 2pcs aja di seri

Quote:Original Posted By ryxxap
Gan .. Ane minta tolong dibuatin step to step dong gan .. Dan itu harga charger batterainya berapa ya ? mohon info thanks

iye gan coba ntar ane bkin,,, sorry setiap hari mesti sibuk kegiatan rumah dan bisnis online... thx

Quote:Original Posted By thexxxxuq
gan nanya donk itu rangkaiannya harus digambar di pcb apa gemana ?

boleh digambar gan pake spidol terus celupin pake larutan FeCL3 (ferro clorit... awas karat yee.. beli di toko elektro cuman 3000 perak) atau di cutter saja dipisah garis gambarnya... atau agan beli pcb matrix tinggal tancep aja

Quote:Original Posted By do.moxxxxxlus
Gan, boleh minta explainingnya buat powerbank yang cara ke 3? Yang bentuknya persegi panjang pake batre 9v itu. Ditunggu ya hehe thanks

hmmm sbntr gan... ane cek dulu


Quote:Best komentar plus uneg-uneg agan
Quote:Original Posted By taiasu21
agan yakin klo tu rangkaian ud bner??
soalnya setau ane transistor jenis LM 78-- tu gni gan

jd urutan kakinya INPUT - GROUND - OUTPUT
jika diaplikasikan kedalam rangkaian seharusnya gni gan


klo punya agan kn


bukanya harusnya kaki yg tengah nempel ground, sdgkn kaki paling kanan jd (+) yak??



terima kasih gan.. koreksinya.... emang bener salah kalau lihatnya dari ATAS aka pasang komponen langsung dari gambar itu... sedangkan ane gambarnya dari penglihatan BAWAH... jadi agan HARUS LIHAT JALUR RANGKAIANNYA dari BAWAH bukan dari atas.... (maksudnya harus dilihat terbalik, ntar kl agan buat rangkaiannya harus persis sprt gambar ntar komponennya dipasang dari sisi baliknya gambar PASTI BENER...

kl gambar rangkaiannya sprt gambar ane... terus pasang komponen dari sisi balik PCB maka pemasangan port USB yang keliatan (+) terlihat di gambar atas. maka saat dpasang dari baliknya PASti bener jadi (-)


Quote:
Spoilerfor Uneg-uneg agan/sista:


Quote:Original Posted By rundrock
kalo ane kemana2 bawa aki gann, jadi sekali ngecas cukup buat setaunn

sadis agan satu ini...

Quote:Original Posted By likebendroid
inbox agan penuh

sdh kosong gan

Quote:Original Posted By conkpay
Wah agan sudah bisa di bilang jadi PROF nih
Terus Berkarya



Quote:Original Posted By madzie
nanya gan, satu batre yang 9volt itu bisa buat berapa kali pengisian ? waktu yang diperlukan untuk satu kali pengisian berapa lama ? terakhir nih gan, arus outputnya berapa amper ? makasih ..

tergantung brp ampere battere smartphone agan. g perlu diisi gan bisa beli-pake-buang-beli-pake-buang-beli-pake-buang-beli-pake-buang-beli-pake-buang gitu aja (yang charger harganya mahal gan)

Quote:Original Posted By Taraghita
ijin nyimak dan ninggalin jejak.. mau pelajarin dlo.. kebetulan ane anak teknik elektro, nice share gan,,

siip sesama seperguruan ... dilarang mendahului gan

Quote:Original Posted By gilang140888
gan sedikit saran, buat batre klo agan pgn yg bs d cas lgsng, jgn beli batre cas yang ukuranya AA gan tetapi bs pake batree yg sama ky d jual ma senter cree di lapak2 penjual senter harganya 25K rata2 Voltasenya 3,7 amperenya klo g salah 18700 mh pokoknya sama ky amperenya batre hape

ato agan ke tempat orang jual laptop bekas, beli cell batre laptop...
karena ini batrenya tahan lama sm ky d latop n kapasitas lebih besar jd bener2 ky power bank asli gan...dengan harga yg mungkin sama agan punya kapasitas lebih besar, tinggal d pararel aj batrenya

wah agan cerdas juga ya.. ooo itu battery 18650 yang amperenya bisa 4000mAH itu.. ya ane juga punya itu plus chargernya

Quote:Original Posted By zabogi
ente kreatip banget gan.. ente alien ya gan

tapi hape ane ngga butuh powerbank...

biiipp....biiip....biiiiiiiiiip.... pasukan serang

Quote:Original Posted By hoki.selalu
Beli bahan2nya dimana gan? Ane ga ngerti yg ginian

beli di toko bangunan gan... ya elaah.. toko elektronika gan

Quote:Original Posted By s.btudz
kalo meledak gimana gan ?

tenang gan plng g smpe ancur rumahnya... g lah jangn takut..

Quote:Original Posted By highsa
wow
ini nih yang dibutuhkan masyarakat indonesia
sip dah gan



Quote:Original Posted By Ramtri
.....mantap gan infonya....ntar klo ada apa2 atau ane mau tanya2 , ane PM boleh gan?

siiaap gan

Quote:Original Posted By bryanwe

thx sdh rate gan

Quote:Original Posted By kaskuslover21
wihh kreatif sekali nih gan,,, nice tread
maaf baru bisa ngasih ini gan ... hehe
daripada beli mahal gan, mending bikin ya kan??

betul itu gan

Quote:Original Posted By roxy.games
mantepp gann klo battrena yang bsa seklian di charge gmna? istilhanya buat powerbank sungguhan hehehe

baru kepikiran ane.. boleh gan idenya cemerlang juga agan ini

Quote:Original Posted By i-fun
keren gan.. ane jadi pengen coba bikin.. cendol meluncur..

terima kasih gan cendolnya kbtlan ane haus nih

Quote:Original Posted By pakbul
anepengen coba gan bikin powerbank sendiritapiane bingung gan ama onderdil2 nya yang harus dibeli

kanibal dri perangkat rongsokan juga boleh ko..g harus beli

Quote:Original Posted By zorndaike
kalo pake batrei LiPo bisa gak gan ? tapi discharge nya gede,

Oke bisa yang penting teganganga di atas dari outputnya ya... outputnya kan 5v brrti inputnya lebh besar lgi dri 5v

Quote:Original Posted By embi82
itu pake batere biasa ya gan, kalo yg nicad 9v ada ga? trus bisa ngecarge hp sampe brp kali?

9v nicad ada gan tp mahal, mending yang sekali pake buang

Quote:Original Posted By yzklobits
kreatip bener dah
ane lebih demen ni yg beginian
drpd yg praktis2
dari sini kita belajar
ijin ane terapin ya gan
cendol mluncurrrrr

ditunggu gan suegernya haus nih hbs bikin trit

Quote:Original Posted By sirajuddinhakim
itu batere nya pake yang rechargeable ato gak gan ?
trus bisa tahan berapa lama ?

tergantung pemakaian gan

Quote:Original Posted By ridhaadhiuta
masuk akal juga gan. tapi klo pakai battery kotak yang alkaline itu cuma 565 mAh klo battery kotak yang biasa malah cuma 400 mAh, lumayan sih buat emergency, tapi nggak bisa buat menuhin battery smartphone

bisa juga ko gan... yang penting kan ngisi.. namanya aja powerbank emergency

Quote:Original Posted By cjn
Wah kreatif bgt mas, sayang saya buta dibidang elektronik, sya pakai yg umum saja nih n charger di mobil.

Tapi itu jadinya lbh besar dri handsetnya sndiri ya, malu jga bawa"nya mas. Hmm

But 2 thumbs for your creativity. Sure

akh g juga ko mas, bisa masuk kantong kecil itu...kecuali pake aki truk fuso

Quote:Original Posted By 5bombomduarr
mau buat sih. Cuma males k toko listriknya. Agan jualan dong biar ane beli

benner nih ane jualan yak?!

Quote:Original Posted By leazer8
Mohom maaf TS,, kayanya skematiknya ada yg salah deh,,, perhatiin 7805 nya,, yg tengah itu kan hrs di kasih tegangan negatif,, kemudian kaki yg bawah itu kan sebagai out ,,, hehe mohon maaf kalo ane sok tau hehhehe,,,

Oh ya ane mau bikin power bank utk di motor nih , utk pengisi dayanya pakai aki motor,,, tp ane msh bingung sm ampere akinya itu,,,, kegedean,,,,

Oh ya batre apa ya yang diatas 2000 mah?

bener ko gan g ada yang salah ama circuitnya ane dah bikin lho lancar jaya

Quote:Original Posted By aizenmyo14
[font="Comic Sans MS"]video tutornya donk gan

biar ane bisa liat + langsung rangkai

diatas gan tengok saja...


Quote:Original Posted By fadlabanget
gan kalo mau cari alat2nya dmn ya gan?
maklum msh newbie

cari di toko elektronika di kota agan pasti banyak

Quote:Original Posted By razorus
Keren gan
oh iya, kan itu pake baterai 9V, kalo pake batre 1,5V apa ada transistor yang perlu diganti?
Soalnya ane mau bikin buat situasi super emergency aja
kalo kapasitasnya besar nanti dipinjemin temen2 ane

sbntr gan ane masih mikir


Quote:Original Posted By BERKENAN

oia gan kalo agan berkenan ane mau di timpuk


Jangan ditimpuk


atau agan boleh di


Sumber

5 komentar:

  1. gan kalo batre pake 3,7 ada komponen yg harus di ganti gaa?

    BalasHapus
  2. gan, kalau batree bekas senter9 v, itu ada chargernya, digabungin lagi ama rangkaian diatas! sah sah aja kan?

    BalasHapus
  3. pak admin batrei nya bisa di cas ama adaptor gak

    BalasHapus
  4. pak admin batrei bisa d cas dengan adaptor gak

    BalasHapus