Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Cara Membenahi Indonesia



Salah Satu Cara Membenahi Indonesia

Beberapa Hal yang saya pikirkan untuk membenahi Indonesia. Hal yang pertama saya ingin benahi adalah kemacetan yang  parah pada Ibukota Kita yaiu DKI Jakarta. Ada beberapa hal, solusi yang  menurut saya baik untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, berikut adalah penjelasannya.

Mengatasi kemacetan di Jakarta yang semakin hari semakin parah.

Berikut ini, adalah hal-hal yang mungkin bisa menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang ada pada Jakarta, solusi tersebut antara lain:
1.      Jalur three in one lebih diperluas wilayahnya dan tidak menggunakan batas waktu.
2.      Jalan-jalan yang dilalui busway yang menyebabkan penyempitan badan jalan harus segera diperlebar.
3.      Membangun transportasi massal lain, seperti misalnya subway atau monorel
4.      Menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi. Ini juga dapat mengurangi polusi.
5.      Meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat.
6.      Mengadakan pelatihan atau seminar kepada supir-supir angkutan umum  tentang keselamatan dan peraturan berlalu lintas.
7.      Menegakkan aturan dengan menindak tegas semua pelanggar lalu lintas tanpa kecuali ataupun oknum polisi yang berbuat pungli.
8.      Memperbanyak dan terus menerus mengingatkan masyarakat melalui spanduk, brosur, ataupun iklan tentang disiplin berlalu lintas. Baik di media Cetak ataupun media elektronik.
9.      Peremajaan kendaraan umum (udah mulai diberlakukan dari metro mini). Karena salah satu alasan warga gak mau naik kendaraan umum adalah karena gak layak, gak aman, gak nyaman, gak tenang. Dikit banget nilai positifnya.
10.  Pembatasan jumlah kepemilikan kendaraan. Jangan pake pajak progresif. Larang total. Kalo udah punya mobil terus mau beli lagi kasih pilihan, "Mobil yang lama mau dijual atau ditarik dealer?" Sebelum dijual/ditarik, mobil baru gak dikirim. Mencegah penumpukan kendaraan.
11.  Pembelian kendaraan harus disertai dengan asuransi. Mobilnya murah, tapi asuransinya yang agak sedikit dimahalin. Lumayan kan buat pertimbangan kalo mau beli.
12.  Ini yang paling penting: KESADARAN WARGA. Percuma agan-agan koar-koar disini kalo warga yang lain aja gak ada kesadaran.
13.  Bikin jam masuk kerja/sekolah bervariasi, misalnya: sektor keuangan masuk jam 7, sektor industri masuk jam 8, sektor jasa masuk jam 9, sektor informasi masuk jam 10, sekolah masuk jam 10.30.
14.  Wujudkan desentralisasi yang selama ini cuma jadi teori. tiap provinsi punya jatah satu kantor kementerian pusat.
15.  Bila Transportasi Umum sudah lengkap dan nyaman, naikkan pajak kendaraan mobil dan motor menjadi 3 atau 2 kali lipat.
16.  Kendaraan mobil dan motor bila turun di jalan raya harus memiliki surat lengkap seperti BPKB dan STNK.
17.  Setiap 10 tahun sekali Mobil dan Motor di haruskan Regenerasi atau dijual dan diganti dengan yang baru lagi. Jadi misalnya unit mobil dan motor buatan dibawah tahun 2003 makan ditahun 2013 ini kendaraan tersebut tidak layak jalan

Kedua Mengatasi Kekeringan dan Banjir pada DKI Jakarta.
http://majalahinovasi.com/wp-content/uploads/2013/01/lubang-biopori2.jpgHal ini adalah mungkin cara terbaik dan termudah yang bisa kita lakukan untuk membenahi indonesia. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat biopori.  Apakah biopori itu ?  Biopori adalah pori berbentuk terowongan kecil yang dibentuk oleh aktivitas fauna tanah atau akar tanaman.  Biopori merupakan lubang resapan berbentuk  silindris yang dibuat ke dalam tanah dengan diameter sekitar 10 cm dan kedalaman sekitar 100 cm atau tidak melebihi kedalaman air tanah.  Nantinya lubang ini diisi oleh sampah organik untuk mendorong terbentuknya biopori.  Biopori ini dikembangkan oleh Ir. Kamir Brata, praktisi dari Konservasi Tanah dan Air IPB.  Teknik biopori secara tradisional telah diterapkan oleh masyarakat kita dengan menggali lubang dan kemudian mengisinya dengan sampah organik sehingga sampah yang keluar dari rumah tangga hanya  tersisa sampah non-organik seperti plastik, kaleng, besi, dsb.  Pada teknik biopori, pembuatan lubang dimodifikasi dengan teknologi sederhana menggunakan bor tanah sehingga lebih memudahkan penggunanya.
Lubang resapan biopori ini adalah teknologi tepat guna untuk meningkatkan laju resapan air hujan dan memanfaatkan sampah organik yang dimasukkan ke dalam tanah.
Berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dengan pembuatan biopori, yaitu :
  • Meningkatkan cadangan air tanah.
  • Mengurangi aliran air di permukaan.
  • Mencegah keamblesan dan keretakan tanah.
  • Menghambat intrusi air laut.
  • Mengubah sampah organik jadi kompos.
  • Meningkatkan unsur hara tanah.
  • Meningkatkan kesuburan tanah.
  • Mendukung upaya penghijauan.
  • Mengurangi sampah kota hingga 30%.
  • Mengatasi masalah akibat genangan air seperti penyakit demam berdarah dan kaki gajah.
  • Mengurangi pencemaran udara dan perairan.
  • Mengurangi emisi rumah kaca.
  • Mengurangi banjir, longsor, dan kekeringan.

Luar biasa manfaat biopori ini.  Lubang ini dapat dibuat di halaman di sekeliling rumah, di dasar saluran yang biasa dibuat untuk membuang air hujan, di dasar alur di sekeliling pohon,  atau pada batas taman.  Bagaimana cara membuat biopori ?   Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk pembuatan lubang resapan biopori, yaitu :
  1. Disiapkan bor tanah.
  2. Dibuat lubang berbentuk silindris ke dalam tanah dengan diameter 10-20 cm dan kedalaman sekitar 100 cm.  Jarak antar lubang sekitar 100 cm.
  3. Sampah organik yang berasal dari sampah tanaman berupa daun, rerumputan, dan sampah dapur berupa sisa-sisa sayuran dan sisa makanan dimasukkan ke dalam lubang dan dipadatkan.
  4. Disiram dengan air cucian beras (air) untuk menjaga kelembaban.
  5. Setiap 2-3 hari ditambahkan sampah baru dan dipadatkan.
  6. Setelah penuh, dibiarkan selama 1 bulan.  Kompos dalam biopori sudah dapat dipanen atau diambil bersamaan dengan pemeliharaan lubang.

Dengan teknik biopori, maka hampir semua sampah organik tidak perlu dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS).  Sampah tersebut secara alami akan diproses oleh mikro organisme tanah dan dirubah menjadi kompos (pupuk organik).   Manfaat utama yang dapat kita ambil dari pembuatan biopori ini adalah meningkatkan cadangan air dan menjaga permukaan air tanah, yang berari kita telah ikut menabung air untuk kebutuhan umat manusia.  Lebih dasyat lagi dengan adanya lubang resapan biopori ini maka bencana banjir bisa dicegah.
            Selain membuat Biopori, solusi untuk mengatasi banjir dan kekeringan yang ada pada Ibu Kota DKI Jakarta adalah dengan melakukan beberapa hal seperti :
1.      Membuat Sumur-sumur Resapan Air
2.      Membuat Waduk-waduk untuk menyimpan air
3.      Membuat banyak lahan hijau atau Paru-paru Kota
4.      Pelarang penebangan pohon sembarangan
5.      Melakukan Reboisasi atau Penghijauan kembali

1 komentar:

  1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    BalasHapus